Mengaktifkan dan menghubungkan react-native-debugger dengan emulator android

Pada tahap development proses debug sangat penting dilakukan untuk melakukan pemeriksaan terhadap apa saja yang terjadi di belakang layar aplikasi atau sebagai langkah inspeksi  terhadap potensi bug yang mungkin muncul terjadi.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya menghubungkan emulator android dalam hal ini geny motion ke react-native-debugger.

react native debugger merupakan tools yang populer untuk melakukan debug sehingga dapat dilakukan pemeriksanaan seperti halnya console di web terhadap aplikasi yang sedang kita bangun di react native.

begini previewnya :

 

Nah akan mungkin kita pada proses setelah selesai instalasi paket tools ini (saya di linux mint) maka agak bingung mengapa emulator android kamu ga terkoneksi dengan tools ini  dengan pesan :

“Waiting for react to connect”

seperti tampilan berikut  :

 

dan pada saat mengkonfigurasi agar react native bisa di debug dengan opsi pada gambar di bawah ini namun tetap saja tidak terkoneksi dengan tools ini :

https://github.com/jhen0409/react-native-debugger/blob/master/docs/getting-started.md

tombol Debug Js Remotely selalu saja membuka browser chrome. nah solusinya pada saat emulator membuka chrome maka perhatikan port pada chrome

seperti pada tampilan url address chrome, menggunakan port 19002 pada tab browser diatas. maka selanjutnya anda buka tool react-native debugger tadi kemudian tekan Ctrl+T dan isikan port tadi pada form yang ditampilkan:

klik confirm dan

holla berhasil….

referensi :

https://github.com/jhen0409/react-native-debugger/blob/master/docs/getting-started.md

 

 

Our Score
0 Shares

Komentari bro