Instal package control di sublime text 3

Saat ini Sublime Text (ST3) 3 merupakan text editor favorit bagi banyak editor. Hal ini disebabkan bahwa ST ini memiliki banyak fungsi yang intuitif juga sangat banyak dukungan ekosistem ST ini yang dikenal dengan paket / package. Paket tersebut bagi web developer atau full stack developer sangat berguna. Misalkan saja ada paket error checking penulisan sintak PHP misalnya, jadi sebelum file dijalankan oleh webserver di browser maka error yang kita tuliskan akan segera di berikan tanda oleh ST3 Plugin ini.

fitur realtime error checking tersebut mirip dengan yang disediakan oleh berbagai IDE seperti netbeans, visual studio editor, Delphi dan lain sebagainya. Namun karena ST3 cenderung bukan IDE yang memiliki fitur sangat banyak dan komplek yang seringkali sangat mubazir karena tidak pernah kita gunakan  😀 ,  maka ST3 jika dikomparasikan dengan berbagai IDE tersebut cenderung jauh lebih ringan.

Sebelum kita dapat memaksimalkan fungsi dari ST3 dan paket yang tersedia secara gratis tersebut kita perlu konfigurasi yang akan dipaparkan di tulisan ini. stay up guys.

Disini saya akan membagikan langkah-langkah awal instalasi paket control yang disediakan oleh komunitas pengguna ST3.

jika sudah terpasang maka anda dapat berpindah ke artikel selanjutnya berikut yang membahas tentang yang terkait dengan optimalisasi sublime text plugin.

Upload otomatis script FTP menggunakan SublimeText 3

Tentunya kita akan sangat kesulitan apabila kita selalu perlu untuk mengupload tiap perubahan yang kita lakukan di local server kita ke server remote. Biasanya kita akan menggunakan aplikasi ftp desktop seperti filezilla atau fireftp. Namun ST3 memudahkan kita dalam sinkronisasi file local kita ke server remote dengan melakukan beberapa langkah berikut : Install SFTP di …

Upload otomatis script FTP menggunakan SublimeText 3Read More »

Daftar plugin wajib di Sublime Text 3

 

Instalasi package Control

Sebelum kita dapat menginstal berbagai plugin kita mesti menginstal plugin manager yang disebut dengan package control di st3. Berikut cara menginstall package control :

Silahkan tampilkan console ST3 (tekan ctrl + ) kemudian copas kode berikut :

tekan ctrl + di sublime akan muncul kolom pada gambar, lalu copas kode diatas

tunggu hingga instalasi package control selesai.

Kemudian kita coba aktifkan package control dengan menekan ctrl + shift + p. ketikkan install package. Jika paket control berhasil silahkan ketik install jika muncul tampilan berikut maka anda telah berhasil menginstalasi paket control.

 

 

Berhasil, nah saat ini anda akan mulai dapat memanfaatkan Sublime text dengan menginstal berbagai alat bantu / plugin yang akan dijelaskan pada artikel di website ini.

Silahkan kunjungi related post ya guys…
oh iya silahkan berikan komentar apabila ada yang kurang jelas  🙂

 

Our Score
0 Shares