Jual Perpustakaan Digital Kampus Online :: Ihya Library ⭐️

Jual Perpustakaan Digital Kampus Online

Kami menyediakan atau menjual Aplikasi Online Perpustakaan Kampus yang dapat diakses publik dan menjadi wahana perpustakaan digital dengan harga terjangkau. Silahkan kunjungi detail beserta fitur lengkap pada link dibawah ini :

Arti Penting Perpustakaan Online atau Digital Kampus

Perpustakaan adalah kumpulan sumber informasi dan sumber daya serupa, yang dapat diakses oleh komunitas yang ditentukan untuk referensi atau pinjaman. Ini menyediakan akses fisik atau digital ke materi, dan mungkin bangunan fisik atau ruangan, atau ruang virtual, atau keduanya. Koleksi perpustakaan dapat mencakup buku, majalah, koran, manuskrip, film, peta, cetakan, dokumen, mikroform, CD, kaset, kaset video, DVD, Blu-ray Disc, e-book, buku audio, database, dan format lainnya. Ukuran perpustakaan berkisar dari beberapa rak buku hingga beberapa juta item.

Secara definisi perpustakaan secara  umum  adalah  suatu  unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi  pustaka  baik  buku-buku  ataupun  bacaan  lainnya  yang  diatur, diorganisasikan   dan   diadministrasikan   dengan   cara   tertentu   untuk memberi  kemudahan  dan  digunakan  secara  kontinu  oleh  pemakainya sebagai informasi.

Perpustakaan dikelola oleh berbagai institusi salah satunya adalah kampus. Koleksi dan layanan publik dan institusional dapat dimaksudkan untuk digunakan oleh orang-orang yang memilih untuk tidak – atau tidak mampu – membeli sendiri koleksi yang luas, yang membutuhkan materi yang tidak dapat diharapkan secara individu, atau yang membutuhkan bantuan profesional dalam penelitian mereka. Selain menyediakan bahan, perpustakaan juga menyediakan layanan pustakawan yang ahli dalam menemukan dan mengatur informasi dan menafsirkan kebutuhan informasi. Perpustakaan sering menyediakan area yang tenang untuk belajar, dan mereka juga sering menawarkan area umum untuk memfasilitasi studi kelompok dan kolaborasi. Perpustakaan sering menyediakan fasilitas publik untuk akses ke sumber daya elektronik dan Internet mereka.

Perpustakaan modern semakin didefinisikan ulang sebagai tempat untuk mendapatkan akses tidak terbatas ke informasi dalam banyak format dan dari banyak sumber. Mereka memperluas layanan di luar tembok fisik bangunan, dengan menyediakan bahan yang dapat diakses dengan cara elektronik, dan dengan memberikan bantuan pustakawan dalam menavigasi dan menganalisis informasi dalam jumlah sangat besar dengan berbagai sumber daya digital. Perpustakaan semakin menjadi pusat komunitas di mana program disampaikan dan orang-orang terlibat dalam pembelajaran seumur hidup. Sebagai pusat komunitas, perpustakaan juga menjadi semakin penting dalam membantu masyarakat memobilisasi dan mengatur hak-hak mereka

Menurut UU Perpustakaan No.43 2007 bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para siswa sebagai penggunaan perpustakaan

Manfaat Perpustakaan Bagi Civitas Akademik Kampus

Perpustakaan perguruan tinggi atau kampus merupakan unsur penunjang (supportive) dalam kampus atau perguruan tinggi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara detail dijelaskan pada link berikut .

Perpustakaan kampus masuk dalam ranah tridarma kampus yang diantaranya adalah untuk mengoptimalkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam konteks tersebut, maka perpustakaan mesti mampu memberikan fasilitas maksimal bagi seluruh civitas akademik bukan cuma dosen namun juga pihak eksternal, mahasiswa maupun masyarakat publik. Beberapa fungsi tersebut misalnya adalah ; fungsi edukasi, sumber informasi, penunjang riset, rekreasi, publikasi, deposit, dan interpretasi informasi

Dengan adanya manajemen perpustakaan yang baik maka pengelolaan pengetahuan dan ekstraksi pengetahuan menjadi lebih maksimal.

Manfaat Perpustakaan Online Digital

Perpustakaan tradisional dibatasi oleh ruang penyimpanan; perpustakaan digital memiliki potensi untuk menyimpan lebih banyak informasi, hanya karena informasi digital membutuhkan ruang fisik yang sangat sedikit untuk menampungnya. Dengan demikian, biaya pemeliharaan perpustakaan digital bisa jauh lebih rendah daripada perpustakaan tradisional.
 
Perpustakaan fisik harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar staf, perawatan buku, sewa, dan buku-buku tambahan.

Perpustakaan digital dapat mengurangi atau, dalam beberapa kasus, menghapus biaya ini. Kedua jenis perpustakaan memerlukan input katalog untuk memungkinkan pengguna menemukan dan mengambil materi.

 
Perpustakaan digital mungkin lebih bersedia untuk mengadopsi inovasi dalam teknologi yang menyediakan pengguna dengan peningkatan dalam teknologi buku elektronik dan audio serta menghadirkan bentuk komunikasi baru seperti wiki dan blog;
 
Perpustakaan konvensional dapat mempertimbangkan bahwa menyediakan akses online ke katalog OP AC mereka sudah cukup. Keuntungan penting untuk konversi digital adalah peningkatan aksesibilitas ke pengguna. Mereka juga meningkatkan ketersediaan bagi individu yang mungkin bukan pelanggan tradisional
 
Kami menyediakan dan menjual aplikasi perpustakaan online digital yang spesifik untuk kebutuhan kampus. Silahkan lihat pada detail berikut :

Penerapan Knowledge Manajemen Pada Perustakaan Kampus

Semua aktivitas Manajemen Pengetahuan identik dengan kegiatan rutin di
perpustakaan. Pada Knowledge Management dikenal istilah seperti penciptaan pengetahuan (creation of knolwledge), kegiatan ini dalam perpustakaan seperti pemilahan bahan pustaka yang akan dikoleksi .

Survey kebutuhan pemakai (user) dilakukan untuk untuk memahami
informasi yang diharapkan pemakai (user). Pada proses ini pustakawan mencoba
mengumpulkan informasi-informasi yang relevan dengan akhir kegiatan berupa akuisisi bahan pustaka.

Juga kegiatan-kegiatan lain di KM seperti penyimpanan pengetahuan
(retention knowledge), pemindahan pengetahuan (transfer knowledge) sampai pada penggunaan pengetahuan (utilization knowledge) sumber.

Dengan menerapkan perpustakaan kampus yang bersifat online maka proses penyimpanan knowledge maupun penyebaran informasi dapat dicapai dengan mudah. Ihya Library mendukung fitur digitalisasi data baik berupa ebook, karya ilmiah mahasiswa, dosen  maupun segala sumber yang dapat di digitalisasi.

Selain memudahkan proses penyimpanan informasi, ihya library yang merupakan aplikasi perpustakaan online juga mengurangi kerusakan terhadap koleksi perpustakaan kampus. Kami jual aplikasi perpustakaan kampus online ini dengan biaya terjangkau dan skema flexibel dengan sewa maupun setup mandiri di kampus anda.

 

Silahkan lihat detail Perpustakaan Online Kampus Digital

Berbeda dengan aplikasi perpustakaan multipurposes seperti pada SLIMS atau Senayan, Ihya library dikembangkan benar-benar spesifik untuk memenuhi kebutuhan kampus dengan adanya beberapa fitur berikut :

📌 fitur perekaman pengunjung atau visitor
📌 fitur keuangan perpustakaan
📌 fitur halaman utama perpustakaan bagi admin
📌 fitur limitasi peminjaman
📌 multi user
📌 digitalisasi resource seperti ebook, tugas akhir, skripsi thesis, disertasi dan
📌 berbagai fitur lainnya.