Inilah plugin wajib VsCode (1)

sudah bosan dengan sublime text yang selalu saja minta dibelai.. hehe…

itu lho yang selalu aja memunculkan popup tiap berapa aktivitas yang kita lakukan. belum lagi nunggu pengembangan text editor itu… lama banget..

Selamat data VScode. Text editor yang sangat cepat pengembangannya dan sangat intuitif klo dari pengalaman gua dibandingkan text editor sublime text 3.

Klo pakai vscode agan ga perlu lagi setup-setup

menggunakan linter atau apalah. VScode akan mendeteksi bahasa php yang agan gunakan dan langsung cuiys memberikan tanda error pada bahasa php atau python (bahasa lain belum coba gan) apabila agan ada salah dalam menuliskan sintak. Tapi syaratnya ya agan sudah install tu aplikasi php walaupun cuman install wamp/xammp atau paket lamp doang.

Udah cukup yang guys intronya… sekarang kita akan ngelist atau membuat daftar plugin apa saja yang paling penting diinstall atau wajib dipunyai oleh agan klo udah move on ke vscode :

1. Auto rename tag :

jadi klo pakai plugin ini agan enak klo pengen merapikan code, baik kode array maupun nilai variabel berikut contohnya :

 

2. Auto Close Tag

ini lho gan klo lagi ngetik tag html kan enak klo ada yang udah melayani pengetikan tag penutupnya. Serahkan aja tugas ini pa plugin keren ini guys… berikut contoh tampilannya.

Berikut fiturnya :

  • Menutup tag closing secara otomatis
  • Cursor akan berpindah di antara tag open dan penutup
  • dapat disetting untuk tag tertentu yang tidak memerlukan closing tag
  • dapat membuat tag otomatis terhadap tag pembuka yang ternyata belum dibuat tag penutupnya
  • Mendukung setup seperti sublime text 3
  • adanya shortcut keyboard dan command untuk menutup tag

dari pada pusing-pusing mending liat aja gan previewnya :

 

3. Auto Rename Tag

plugin yang digunakan otomatis akan merename tag penutup. misalnya agan merubah <div menjadi <span maka dengan makai plugin ini agan cukup rename opening tag maka closing tagny juga akan berubah. check it out gan :

 

4. Beautify

klo plugin ini akan merapikan code agan html, css dan javascript sehingga kodenya lebih readable dan mudah diedit nantinya. Enak banget gan ada ni plugin

 

5. Bootstrap 3 Snippets

plugin ini bermanfaat untuk memberikan suggestion atau saran dalam bentuk snippet / potongan kode class dari bootstrap 3

 

6. Bootstrap 4 & Font awesome snippets for Visual studio code

Kereeen… plugin ini bikin hidup agan lebih simple dan gampang. caranya agan ga perlu ngingat banyak kode class atau snippet buat penulisan kode bootsrap 4. Hayo gan move on juga hayo ke bootstrap 4. pakai yang versi 3 mulu… udah mulai expired ntuh hehe…

Berikut tayangan singkatnya gan :

Plugin in action

7. Bracket Jumper

Klo plugin berikut ini akan memudahkan kita jika kita pengen loncat dari kode bracket (array dan condition) satu ke kode bracket lainnya. Berikut demonya guys.

Demo gif of simple bracket jumping

8. Bracket Pair Colorizer

fungsi plugin ini adalah memberikan warna pada pasangan bracket sehingga dapat membantu visual kita dalam memahami rentang bracket diantara kode-kode yang kita akan edit :

demo :

Masih banyak gan… sekarang sudah cukup dulu… akan kita lanjutkan lagi ke daftar selanjutnya…tunggu aja ya gan…

 

Our Score

Komentari bro