Cara belanja di AliExpress tanpa akun doku

Klo kawan pernah install Ali express pasti deh klo lama-lama buka pengen rasanya nyoba. Tapi bingung bagaimana caranya sih beli dan pembayarannya…

mudah kok sebenarnya, saya akan sharing pengalaman beli di Ali Express dengan beberapa tampilan gambar sehingga dapat lebih mudah lagi bagi kawan-kawan beli disana. Oh iya bagi kawan yang tidak tahu apa itu AliExpress, sedikit akan diterangkan tentang AliExpress adalah platform marketplace merupakan bagian perusahaan dari Alibaba perusahaan online marketplace retailer terbesar di China. Tau kan guy sekarang susah nyari klo produk ga made in china. Iphone aja di rangkai di china. Nah klo langsung beli di China tanpa perlu ke china kan jadinya asik bisa langsung ke surga produk.

Keuntungan klo beli produk di AliExpress ini misalnya bisa dapat barang yang inovatif atau barang tersebut masih belum ada di pasar indonesia dan relatif  murah lho (saya cek harga barangnya SSD aja tertanggal tulisan ini dibuat bedanya 100% jika dibandingkan dengan harga dibeli disini).

Oh iya jangan lupa klo beli produk di Ali ini harga yang ditawarkan merupakan satuan dollar tapi tenang aja sudah di konversi oleh aplikasi ko ke satuan Rupiah.

Hal yang perlu disimak sebelum berbelanja di Ali Express

Sebelum kita beranjak tampilan caranya ada hal yang perlu kita perhatikan lho dalam komponen biayanya :

  1. Harga barang yang bersangkutan
  2. Harga Pengiriman (pada barang terntentu yang tidak ada fasilitas free ongkir)
  3. Biaya Cukai ( US$ 100 ke bawah tidak dikenakan tarif bea masuk dan pajak dalam rangka impor)
  4. Biaya Beapelalubean sebesar 20 Ribu terhadap barang (ditarik oleh PT. POS) biaya ini sebenarnya tidak jelas juga. Apa itu biaya Beapelalubean dikatakan bahwa ini merupakan  biaya kemas ulang.  Tapi pengalaman saya ga ada pengemasan ulang terhadap kiriman tetap bayar (diskusi tentang biaya ini ditampilkan di kaskus dan lapor.go.id  )

 

Berikut beberapa caranya :

  1. Pilih barang yang ingin dibeli klik tombol buy
  2. Konfirmasi pembayaran dengan menekan pilihan Use Another Payment Method dan klik tombol PLACE ORDER
  3. Akan muncul Popup setelah menekan Place Order tadi maka pilih Others Method via full site
konfirmasi order

 

Langkah 3

4. Langkah berikutnya adalah anda akan dihantarkan pada situs yang menerangkan tentang berbagai metode pembayaran silahkan pilih tab Doku klik tombol Pay Now

5. Langkah berikutnya adalah silahkan anda pilih metode ATM TRANSFER (klik dua kali) seperti pada icon berikut :

akan muncul halaman tambahan pada bagian bawah lalu klik tombol Get Payment Code loading lalu akan muncul kode rekening yang perlu kita transfer ke Bank Permata disertai dengan kode rekening. Ingat ya kode rekening ini unik sifatnya jadi akan berubah-rubah waktu pembayaran akan dilakukan.

berikut screenshotnya :

 

 6 Silahkan anda cus ke ATM terdekat pastikan dana anda mencukupi (hehe) lalu silahkan masuk ke menu transfer pilih bank lain > masukkan kode 013 dan kode yang anda peroleh di permintaan pembayaran tadi pastikan anda tepat mengisikan seluruh digit pembayaran untuk kecepatan konfirmasi.

7. Beberapa saat setelah anda berhasil mentransfer (pengalaman saya ga sampai 15 Menit) akan dikonfirmasi otomatis oleh AliExpress.

8. Setelah konfirmasi berhasil dimenu utama aplikasi Ali Express pilih menu My Orders  maka akan ditampilkan barang yang telah anda pesan. Kebetulan saya pesan Raspberry Pi 3 beserta aksesoris di gambar dibawah ini :

 

9. Berikutnya tinggal tunggu kapan sampai ditempat anda (anda dapat melacak sampai dimana proses pengiriman tersebut dengan klik tombol TRACKING pada gambar diatas) klo saya perlu waktu 10 hari sampai barang sampai ini pakai ongkir yang berbayar (sekitar 20rb karena barangnya kecil) klo free ongkir masih belum saya akan update berapa lama pengirimannya.

oh iya jangan lupa siapkan uang cash 20 Ribu (nilai ini mungkin akan meningkat awalnya 7rb jadi 10 ribu terakhir ya 20rb) untuk bayar pajak dari PT POS (kenapa dibilang pajak karena keemasan packing sama sekali ga ada bekas dibuka oleh kantor POS tapi tetap harus bayar dan buat apa juga ya bayar segitu ?? ) 

That it bro…

ni hasilnya hehe (Cari perbedaaanya bro … ):

Before : 

After : 

 

 

Our Score
0 Shares

6 thoughts on “Cara belanja di AliExpress tanpa akun doku”

  1. saya terus terang belum pernah pembayaran pakai alfa mas, sebelumnya pakai virtual akun saja saya.
    Mungkin kawan2 lain ada yang bisa bantu

  2. Axel Claudio Aldiora Pranata

    gini bro .. untuk biaya pengiriman sendiri langsung aliexpress.. (china airport/singapor airport) khusus di indonesia.. sebatas sampai bea cukai jakarta … kemudian anda di tarik 20ribu .. untuk di kirim dari Bea CUkai ke rumah anda .. lewat kantor POS ..(Karena harga murah)

    beda lagi kalo kirim lewat EMS DHL dan lain2 .. itu harganya mahal .. tapi barangnya sudah sampai rumah ..

    jadi di saranin lewat DHL / EMS / forwarding untuk pembelian skala besar/banyak

  3. rahmat hidayat

    saya mau tanya kemaren saya order ke aliexpress tapi saya batalkan karena pejual tidak merespon orderan saya terlalu lama, saya kemaren bayar lewat layan alfamart tapi saya belum punya akun doku waktu itu, pertanyaan nnya dimana saya bisa ambil kembali dana saya yang kemarin di pake buat bayar orderan saya? bagi teman2 yang tau tolong di informasikan terimakasi.

  4. tks bro…sepertinya mendingn buk doku…bisa digunaan berulang ulang…ngga kena biaya top up

Komentari bro