Daftar plugin wajib di Sublime Text 3

Daftar plugin wajib di Sublime Text 3

Pasti bingung instalasi Sublime Text 3 lalu paket plugin apa saja yang sering dipakai atau digunakan bagi seorang web developer. Hal ini sering penulis alami waktu berpindah dari komputer yang tidak terinstall paket/plugin yang sering penulis pakai. Untuk mempermudah kita dalam mengingat paket apa saja yang sangat penting ada di ST3 editor kita berikut daftar plugin yang “wajib ada” tersebut.

sebelum kita mulai tahap pertamanya di Sublime harus sudah terpasang package control seperti gambar diatas ya.

All Autocomplete

digunakan agar skript dan penamaan variabel,fungsi, class dan lain sebagainya dapat lebih konsisten misalnya kita pernah membuat fungsi cariBarang di suatu file, dan kita akan dapat mengetikkan dengan mudah karena sudah terbantu dengan plugin ini.

Auto Close HTML tags

Mengotomatiskan penutupan tag html misalnya kita ketikkan <p> maka plugin ini akan menuliskan secara otomatis tag penutupnya : </p>

 CSS Completion

Seperti pada list sebelumnya, maka plugin ini bermanfaat menutup tag yang berhubungan dengan sintak css.

Color Picker

Pusing karena harus buka browser yang menyediakan kode warna atau buka aplikasi photoshop cuman untuk mencari kode warna. Plugin ini sangat bermanfaat karena membantu kita agar dapat menambahkan kode warna hanya dengan bantuan klik yang muncul dari dialog/windows color picker. ingat ya setelah selesai install diaktivasi dengan menekan ctrl + shift + c

HTML Attributes

Plugin ini berguna memberikan autocompletion terhadap penulisan sintak html. Misalkan saja anda menuliskan sintak <tab (masih tahap ketik) .. maka plugin ini akan memberikan suggestion untuk tag tersebut <table>. bingung nah coba sendiri deh  😉

Bracket Higlighter

Plugin ini sangat berguna apabila kita lupa dimana letak dari penutup bracker [ } ]. Symbol bracket ini sering kita pakai apabila kita menggunakan sintak if else atau sintak looping (misalnya for, while dan foreach). Bracket ini bisa jadi sumber malapetaka error debugging klo tidak ada semacam visual guide untuk menuntun kita memahami awal dan akhir sintak.

HTML Beautify atau Minify

Ingin mempercepat proses loading dari situs, salah satu triknya adalah dengan mekompresi file statis yang ada di situs kita. File tersebut misalnya adalah file styling CSS, javascript atau bahkan kita ingin mengkompresi file HTML itu sendiri. Selain fitur kompresi plugin ini juga bermanfaat untuk merapikan format perataan pada file HTML. Silahkan baca manual cara penggunaannya pada situs github mereka.

PHP codeBeautifier

Agar kode php tidak menjadi coding yang tidak beraturan atau spaggeti code maka kita sangat disarankan untuk menuliskan koding php dengan cara yang rapi atau terorganisir. Namun bagaimana jika kita terbiasa menuliskan koding dengan cara yang tidak beraturan ?. bersyukurlah ada plugin ini. Plugin ini secara otomatis akan merapikan format penulisan koding php kita.

A File Icon

Apalah artinya sebuah nama, berarti ko. Gimana coba kita nyari file yang namanya sama tapi sebenarnya jenis filenya beda. Nah untuk membantu kita kita dapat memasang plugin A File Icon. plugin ini berguna untuk memberikan visualisasi terhadap icon file yang ada di layar pilihan FOLDERS di sisi kiri tampilan ST3.

Ingat ya Jangan terlalu banyak menginstall plugin, plugin yang terlalu banyak akan menyebabkan ST3 menjadi berat dan tidak responsive.

Give your appreciation please share this article bro  😀 Jangan lupa diskusikan apabila ada yang tidak jelas di kolom komentar dibawah ini.
Comments are closed.