Benchmark Sublime Text 3 vs Visual Code

Benchmark Sublime Text 3 vs Visual Code

 

Sebelum kita head to head antara ST3 dan vscode perlu ada pengantar dulu guy, skripsi aja klo ga ada bab 1 dan 3 ga bakal nyampe ke bab 4 lho. Ingikut deh ajaran dosen terdahulu mesti ada pengatar biar asik… hehe…

Sublime Text 3

Sublime text  dikembangkan merupakan editor source code proprietary sejak 18 januari 2008 lalu yang dikembangkan dengan menggunakan Bahasa Pyhton. ST ini mendukung banyak Bahasa pemograman dari bahasa sql, css, php, javascript, java, c++ dan banyak lagi. . Yang paling menarik dari ST3 adalah adanya ekosistem plugin yang sangat berjibun yang dapat dimanfaatkan dengan adanya package control. Namun sayangnya package control ini tidak ada secara default jadi harus di install secara manual lho. Klo pengen tahu plugin apa saja yang perlu bisa cek pada artikel saya yang dituliskan pada blog ini ya guys.

Daftar plugin wajib di Sublime Text 3

.

Sublime text ini karena bersifat proprietary bukan open source (CMIIW) sehingga pengembangannya bukan pada komunitas tapi pada perusahaan  atau developer yang menjual code editor ini yakni Jon Skinner. Dampaknya adalah pengembangannya terkesan lambat klo pengen bukti yang versi 3 aja (Sublime text 3) sampai artikel ini ditulis masih aja versi BETA alias belum stable sejak di rilis pertama dari tanggal 29 January 2013.

Sublime Text 3 is currently in beta. The latest build is 3126.

Last develop :  23 September 2016

 

liat deh di halaman github mereka ga ada source code untuk ST3 ini, mana ada tuh source code mereka dirilis :

 

Vscode

Vs code atau Visual Studio Code merupakan editor koding atau source code editor yang dibangun dan dikembangkan oleh Microsoft diperuntukkan bagi berbagai platform OS. VScode dibuat dengan berdasarkan Electron. Suatu Framework yang digunakan untuk men deploy node.js.

VsCode diumumkan pada tanggal 29 April 2015 oleh Microsoft dan kemudian dirilis dalam lisensi MIT pada tanggan 18 November 2015 yang saat itu di posting di halaman github sebagai open source pada tanggal 14 April 2016.

ini nih halaman github mereka, bisa dilihat berapa banyak yang berkontribusi dalam mengembangkan app ini dan secara rentang waktu app ini pengembangannya sangat aktif (12 Juli 2017).

 

Time to benchmark, let’s go

Jadi benchmark ini tentang closed source dan open source. Waduh terlalu frontal guy.. tujuan artikel ini bukan membandingkan closed source source editor dan open source source editor loh… terlalu luas jika kita membandingkan dua konsep tersebut. Artikel ini cukup agar menjadi referensi dan sebagai catatan artikel ini hanya relevan untuk versi yang penulis tulis saat ini ya ST3 build version 3126 dan Vscode 1.13. dan benchmark ini hanya membahas yang penulis pahami untuk membandingkan tingkat kecepatan dan konsumsi resource dua app ini dengan menggunakan app windows ga tau klo di linux atau MacOS dan ga tau deh klo pakai metode lain yang mungkin pembaca pahami lebih relevan dalam membenchmark.

Ingat ya guys tulisan ini tidak membandingkan yang mana yang paling bagus baik dari segi fitur dan lain sebagainya tapi hanya tulisan pembanding kecepatan saja.

Sebelum kita lanjut melakukan benchmark maka agar fair kita perlu menonaktifkan seluruh plugin yang penulis pasang pada aplikasi sebelum menonaktifkan perlu dulu diketahui paket apa aja yang terpasang berikut paket yang terpasang dan dijelaskan sekalian cara menonaktifkan paket yang ada :

Cara menonaktifkan paket di sublime text 3 yakni :

Gambar :

Letak file sublime.settings : C:\Users\yourName\AppData\Roaming\Sublime Text 3\Packages\User

Screenshot melihat paket aktif

Screen shot setting di ignored package

jadinya begini :

Restart, periksa apakah masih ada paket yang terload misalnya dengan menekan tombol kombinasi ctrl+shift+p . jika tidak ada perintah misalnya kita ketikkan install maka jelas package control telah non aktif.

 

Nah sekarang saatnya kita lakukan Benchmark dengan melihat penggunaan memory dan cpu (screenshot), metode benchmark sangat sederhana cukup dilakukan melalui monitoring task manager :

Dapat dilihat bahwa VScode sangat kecil dalam menggunakan konsumsi memory hanya sekitar 15 MB lebih dikit dan ST3 waduh.. .berapa kali lipatnya Vscode dalam memakai sumber daya 51Mb guys… keterlaluan kau ST3 jadi gara2 kau aku harus upgrade RAM.. wkwkwkw.

Selesai guy. sudah siap move on nih.. hehehe… klo belum siap gpp saya juga ko.. hehehe….

Give your appreciation please share this article bro  😀 Jangan lupa diskusikan apabila ada yang tidak jelas di kolom komentar dibawah ini.

 

Komentari bro